Minggu, 22 Juni 2014

Info Juli 2014 Dibuka Lowongan 7 Ribu PNS untuk Dosen

Sorong - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan prioritas bagi sarjana yang mengikuti program Sarjana Mendidik Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) untuk menjadi PNS. Selain itu, Juni 2014 Kemendikbud akan membuka lowongan untuk 6 ribu dosen untuk seluruh Indonesia.

Jumlah formasi PNS guru masih dikalkulasikan karena menyangkut banyak pihak. Baik dengan Men PAN RB maupun kebutuhan Pemda akan jumlah guru yang diperlukan.

"Tetapi peserta SM-3T tidak otomatis diangkat menjadi PNS, harus mengikuti tes terlebih dahulu yang diselenggarakan oleh Men PAN)," kata Mendikbud Mohammad Nuh usai kunjungan di SD /SMP Satu Atap di SD Inpres 01 Injemur, Sorong, Papua Barat. Setiap tahun 3 ribu orang mengajar di berbagai pelosok negeri lewat program tersebut. Mereka direkrut dari perguruan tinggi dengan animo mencapai 9 ribu setiap tahunnya.

Sarjana yang masih berusia muda berusia 22 - 25 tahun tersebut sangat antusias dengan program tersebut. "Kita berharap tidak ingin SM3T ini hanya menjadi transit. Sebagian besar peserta otomatismasuk lulus masuk Program Pendidikan Guru (PPG). Tetapi belum tentu lulus PPG dan PNS," ujar M Nuh.

"Men PAN juga sudah menyetujui (mendapat prioritas menjadi PNS) dan ini sudah program yang ke empat kalinya," sambung menteri yang gemar kuliner itu Selain berperan sebagai pengajar, SM3T itu juga mempunyai peran penting lain. Yaitu sebagai surveyor atau pengumpul data di daerah mereka mengajar. Seperti data orang tua, penghasilan rata-rata masyarakat hingga kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat.

"Kalau kita menerjunkan orang untuk sensus, biayanya sangat besar," ucapnya.

Selain guru PNS, di bulan Juli juga ada tes formasi PNS 2014 untuk menambah kuota jatah PNS dosen untuk seluruh Indonesia. Pengangkatan PNS ini dikarenakan kebutuhan akan dosen sangat mendesak. Hal ini sudah disetujui Men PAN RB.

"Kalau boleh saya buka, berapa jumlah formasi? jumlahnya 6 sampai 7 ribu dosen. Itu untuk dosen saja," terang M Nuh. PNS ini tidak semuanya ditugaskan untuk mengajar di PTN tetapi juga di PTS. Demikian pula halnya dengan formasi PNS guru.

"Kita tahu, jumlah perguruan tinggi baru meningkat. Penambahan daya tampung mahasiswa, maka rasio dosen juga butuh tinggi. Termasuk yang eksisting. Juga dengan banyaknya dosen yang pensiun, " ujarnya.


Dengan adanya kabar yang menggembirakan ini dosen yang masih honorer ataupun masih kontrak bisa sedikit bernafas lega. karena tahun ini penerimaan PNS Dosen meningkat signifikan dan info lowongan kerja lainya seperti Lowongan Kerja Di Kota Semarang Juli 2014 Terbaru.
sumber : detiknews

0 komentar:

Poskan Komentar